Beranda · You Know ? · App And Other ·

Beberapa cara mengamankan blog dari orang yg tidak bertanggung jawab



Setiap orang yg mempunyai blog dengan berbagai platform tentu menginginkan blog yg aman,bebas dari hacker dan semacamnya.untuk itu saya akan share kepada kalian tips mengamankan akun kalian dari serangan hacker atau orang iseng yg tidak bertanggung jawab.Baiklah silahkan di simak guys...

1.Buatlah blog menggunakan blogger atau wordpress hosted

Jika kamu ingin membuat blog yang gratisan,maka dengan cara ini,blog kamu akan aman.
Kenapa saya menyarankan itu? Karena hosting dari blogger dan wordpress sudah terpercaya dan memiliki protokol keamanan yg tinggi atau biasa di sebut dengan SSL.Contohnya : https://www.ryanganteng.com. Itu merupakan sambungan aman dengan browser web pengguna.

2.Mengamankan Email

Untuk blogspot.Pasti jika kita ingin mendaftarkan blog,maka diharuskan memakai email dari gmail.com untuk itu,kita perlu mengamankan email kita juga dengan cara memanfaatkan fitur 2 step verification dan google authenticator dari google.Ini merupakan cara mengamankan pada sektor login.Jika ada seseorang yg ingin membuka email kita, pasti akan di tanyakan Sms verifikasi ataupun kode verifikasi dari google authenticator.

Untuk wordpress, ada baiknya menggunakan email dari gmail.com juga.Dan proses mengamankan emailnya sama seperti cara yg di atas.Dengan begitu,Saat kita akan login,walaupun orang se jago apapun,tidak ada yg bisa menembus pertahanan kita :D

3.Biasakan Logout sehabis membuka blog kita

Ini yg biasa kita sepele kan, Jika kita Login ke dalam akun blog kita di salah satu penyedia layanan internet misalnya warnet,tentu saja tempat itu bersifat personal.Tidak masalah kita setiap hari Online dari warnet,asalkan ingat lakukan logout setelah penggunaannya.Untuk menghindari penyalahgunaan nya.

4.Jangan sembarangan mengajak orang lain untuk menjadi pengelolah blog kamu

Cara ini merupakan opsional saja.Bila kamu ingin memperbanyak penulis di blog kamu, ngga masalah kok,asalkan kamu mempercayai orang tersebut.Usahakan untuk pertama kalinya jadikan lah hanya sebagai penulis aja,Jangan sebagai co admin atau semacamnya yg bisa mengotak atik tampilan blog kamu.

Untuk yg berikut ini merupakan alternatif jika kamu ingin mandiri,dengan menggunakan Self hosting yg di sediakan oleh penyedia hosting.

1.Ada baiknya memilih penyedia hosting yg terpercaya dan memiliki tingkat keamanan yg tinggi.Kamu bisa mencoba dengan membuat hosting dengan cms wordpress di idhostinger dan niagahoster.Untuk penyedia lain saya juga kurang tau ya, tapi untuk kedua penyedia tersebut sudah saya uji.Tapi kembali lagi dari kita sendiri,bagaimana kita memaksimalkan keamanan sebuah akun blog

2.Membeli sertifikat SSL dari penyedia layanan tersebut, salah satunya dewaweb.com Harga di penyedia hosting tersebut sangat terjangkau.

Mungkin itu saja yg bisa saya share untuk kalian.semoga bisa membantu kalian yg baru ingin membangun sebuah blog.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Beberapa cara mengamankan blog dari orang yg tidak bertanggung jawab"

Post a Comment